Kasus Keracunan Terparah Di Dunia

Posted on Updated on

Kasus Keracunan Terparah Di DuniaApel dengan kandungan bakteri berbahaya terkuak. Produsen yang berasal dari Amerika Serikat ini menggemparkan masyarakat di seluruh dunia, karena penjualan apel tersebut tidak hanya di benua Amerika saja melainkan hampir ke berbagai negara di Dunia. Pejarab di Washington D.C telah memberitahukan bahwa terdapat bakteri listeria monocytogenes yang telah menewaskan 5 orang di Amerika.

Ternyata apel berbakteri hanya bagian kecil dari sejumlah makanan berbahaya yang bisa menewaskan banyak orang. Sepanjang sejarah dunia makanan, terdapat beberapa kasus keracunan terparah dengan memakan korban jiwa hingga ratusan orang.

Berikut adalah kasus keracunan terparah di dunia :

1. Susu Formula dengan Melamin di China Menyebabkan 300 Ribu Bayi Gagal Ginjal

Kasus Keracunan Terparah Di Dunia 2

Kasus terbaru saat ini adalah kasus susu formula yang beracun bagi tubuh. Kasus ini sampai juga ke Indonesia dan membuat pemerintah segera mengambil tindakan tegas dengan menarik produk susu China yang ada di Indonesia. Diteliti memiliki kandungan melamin yang menyebabkan 300 ribu bayi terkena penyakit agagal ginjal. Enam bayi telah dilaporkan meninggal dunia, sedangkan sisanya dirawat secara intensif. Santu Group adalah produsen dari susu formula bermelamin tersebut. Para pejabat tinggi di perusahaan diputuskan bersalah dan akan dihukum mati.

2. Keracunan Tumbuhan Jeruju Yang Menewaskan 60 Orang di Dunia

Kasus Keracunan Terparah Di Dunia

Ibu Kota India New Delhi pernah mengalami keracunan massal. Ketika itu mereka muntah, diare dan sakit kepala disertai dengan penglihatan mata yang berkurang. Setelah diselidiki ternyata permasalahan terjadi karena adanya kandungan minyak mustard yang terkontaminsasi. Tepatnya pada tahun 1998 setidaknya 60 orang meninggal dan 3000 orang mengalami keracunan dan harus dirawat di rumah sakit. Bahan makanan yang mereka sering konsumsi adalah minyak mustard, namun pada saat itu sudah terkena tanaman jeruru yang memiliki zar argemone mexicana. Tanaman jeruju memang terkenal beracun dan bisa memberikan rasa sakit pada tubuh.

3. Susu Asal Jepang Yang Menewaskan 100 Orang Lebih

Kasus Keracunan Terparah Di Dunia 1

Susu Bubuk yang diproduksi oleh Jepang dengan teknologi tinggi ternyata telah terkontaminasi zat beracun. Pada tahun 1995 susu dengan merek Morinaga telah tercampur dengan arsenik dan bahan berpengawet sodium fosfat yang berdosis tinggi. Banyak warga mengalami diare dan muntaber karena mengonsumsi susu Morinaga. Parahnya lagi tidak hanya menyebabkan keracunan biasa, dimana terdapat sejumlah orang yang meninggal. Tidak kurang dari 100 orang yang telah meninggal dan sebanyak 13.400 orang lainnya dirawat di rumah sakit. Pada kejadian tersebut membuat petinggi Morinaga dipenjara dan menjadikan Jepang tercoreng. Penyelidikan soal kasus ini berlangsung cukup lama hampir 2 dekade.

Melihat makanan yang sekarang ini makin sulit untuk diprediksi kandungannya, lebih baik mengonsumsi makanan yang memang sudah terjamin kualitasnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s