6 Makanan Dan Minuman Yang Wajib Dihindari Oleh Wanita Hamil

Posted on Updated on

Ketika hamil tiba seorang wanita harus lebih menahan diri terhadap beberapa makanan dan minuman. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan dari calon jabang bayi dan bisa membuat bayi memburuk atau perkembangannya terhambat. Alhasil bayi tersebut bisa cacat otak ataupun gangguan mental.

6 Makanan Dan Minuman Yang Wajib Dihindari Oleh Wanita Hamil

Adapun makanan yang baik adalah jenis biji-bijian, daging tanpa lemak, buah dan sayuran. Selain itu masih banyak makanan lain yang bisa dikonsumsi. Yang penting kamu harus menghindari makanan dan minuman di bawah ini ketika hamil :

1. Makanan mentah dan setengah matang

Makanan yang berasal dari hewan kemudian dikonsumsi mentah-mentah ataupun setengah matang bisa beresiko bagi kesehatan. Daging, kerang, telur, dan suhi sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena virus, parasit, dan berbagai jenis bakteri bisa terdapat dalam makanan tersebut.

2. Hot dog, sosis, serta daging asap

Makanan ini rentan sekali memiliki bakteri Listeria monocytogenes yang bisa membuat bayi meninggal dalam kandungan, bayi lahir mati, atau juga keguguran tiba-tiba. Masalah kesehatan lainnya juga bisa menyerang. Selain ketiga makanan itu, terdapat makanan lain yang perlu dihindari seperti kalkun, salami, ikan laut yang diasap seperti salmont, bandeng, tuna, sardin.

3. Susu dan jus yang tidak mengalami pasteurisasi

Hindarilah minuman dengan produk yang masih mentah seperti susu yang tidak mengalami pasteurisasi. Biasanya bakteri listeria juga terdapat dalam minuman itu. Jus yang tidak dipasteurisasi seperti di kios dan warung jalanan banyak memiliki bakteri atau kuman E. Coli. Pastikan produk minuman kamu sudah dipasteurisasi.

4. Sayuran dan kecambah yang mentah

Mengonsumsi sayuran dan kecambah yang mentah seperti semanggi, lobak, tauge sangat tidak disarankan dikonsumsi disaat hamil. Sebenarnya makanan seperti itu memang tidak baik dikonsumsi walaupun sedang tidak hamil. Bakteri yang ada sudah masuk ke dalam tunas bibit sehingga tidak bisa dibersihkan.

5. Alkohol dan sejenisnya

Mungkin soal ini tidak aneh bagi kamu, bahwa alkohol bisa mengurangi oksigen dan nutrisi sel yang sedang berkembang dalam tubuh. Sehingga perkembangan janin kan terhambat dan bisa menurunkan intelektual anak dan pertumbuhan fisik anak yang sifatnya permanen.

6. Teh herbal dan suplemen yang herbal

Teh herbal memang tidak memiliki kandungan kafein, namun kemanannya tidak bisa dijamin terhadap wanita yang sedang hamil. Belum adanya penelitian mengenai keamanan obat herbal atau suplemen herbal selama kehamilan. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apakah produk tersebut bisa membantu perkembangan janin anda atau malah menghambatnya.

Konsumsilah makanan diluar list diatas. Adapun makanan yang baik untuk anak adalah makanan yang berprotein, berkarbo rendah, berlemak baik, non koleterol, bervitamin, dan bermineral.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s