Negara Ini Tanpa Tentara! Tapi Tetap Kokoh Berdiri

Posted on Updated on

Setelah puluhan tahunmelihat dahsyatnya kesengsaraan akibat perang, pada tahun 1879 seorang Jenderal Amerika Serikat bernama William T. Sherman berpidato mengenai ‘War is Hell’. Selain itu menurut Milton Leitenberg, seorang peneliti persenjataan, selama abad 2- saja sudah 14 juta jiwa telah menjadi korban dalam peperangan. Biaya untuk perang saja tidak sedikit, seperti perang di Irak, Afghanistan, Amerika tercatat lebih dari 4 trilyun dollar telah habis hanya untuk berperang tanpa ujung. Oleh sebab itu muncul ide untuk menghapuskan tentara dalam sebuah negara. Apakah hal itu mungkin untuk dilakukan? Tentu saja bisa, negara berikut ini telah membuktikannya :

1. Costa Rica

Negara Ini Tanpa Tentara Tapi Tetap Kokoh Berdiri

Costa Rica dikenal sebagai negara dengan masyarakat yang tingkat kepuasan dan kebahagiaannya tinggi. Mereka mengenal kata Pura Vida atau hidup murni, yang menurutnya adalah kehidupan makmur, santai, dab kekeluargaan. Costa Rica tidak memiliki tentara sekarang ini, dilatarbelakangi adanya pergolakan politik sehingga terjadi perang saudara pada tahun 1948. Kondisi itu membuat pemerintahan mengeluarkan undang-undang agar tidak terulang lagi kejadian tersebut. Serta membuabarkan angkatan bersenjata yang dimiliki.

2. Mauritius

Negara Ini Tanpa Tentara Tapi Tetap Kokoh Berdiri 1

Terletak di bagian timur Madagaskar, dan merupakan negara dengan perekonomian terkuat di Afrika. Hal menarik mulai muncul, dimana setelah merdeka pada tahun 1968, Mauritus tidak lagi mempunyai angkatan bersenjata. Kondisi itu dilatarbelakangi bahwa pemerintahan dan masyarakatnya sudah muak terhadap perang yang dilakukan oleh Inggris dan Perancis saat memperebutkan Mauritus.

3. Panama

Negara Ini Tanpa Tentara Tapi Tetap Kokoh Berdiri 2

Masa pahit telah terlewati ketika pada tahun 1968 Presiden Dr. Arnulfo Arias Madrid terkudeta dan anggota militerlah yang menjadi penyebabnya. Dimana Jeneral Manuel Noriega sebagai pemimpin yang menggerakan para anggota militer untuk mengkudeta presiden kala itu. Namun karena dianggak korup dan melegalkan gembong narkoba beroperasi bebas di negaranya, membuat Amerika menyerang Panama dan menghancurkan pemerintahan Noriega. Sejak tahun 1994 Panama pun tidak algi memliki tentara, yang membuat hubungan Amerika dan Panama membaik. Serta masyarakat pun ikut merasakan kebahagiaan. Selain itu, pernah Amerika akan membangun basis militer di Panama, namun hal itu ditolak.

4. Haiti

Negara Ini Tanpa Tentara Tapi Tetap Kokoh Berdiri 3 

Haiti adalah negara paling miskin di belahan dunia bagian barat. Status tersebut sudah disematkan oleh PBB sejak gempa bumi terdahsyat kala itu yang menghancurkan seluruh bangunan Haiti pada 2010. Walaupun penyebab kemiskinan itu bervariasi danrumit, faktor yang paling mempengaruhi diduga adalah pergolakan politik antara pemerintahan dan militer.

Contohnya adalah presiden Jean Bertrand Aristide yang dikudeta oleh militer pada tahun 1991. Konflik tersebut berlangsung lama dan berkepanjangan, sehingga pada tahun 1994, PBB turun tangan dan memaksa kekuasaan militer dinonaktifkan. Ketika Aristide diangkat kembali, ia memerintahkan untuk membubarkan tentara agar tidak ada lagi pengalaman pahit yang telah terjadi di masa lalau. Sekarang ini, Haiti tidak memiliki angkatan bersenjata dan menyerahkan keamanan kepada PBB.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s