Sejumlah Bahan Untuk Kosmetik Paling Menjijikan

Posted on Updated on

Sudah menjadi kodrat manusia ingin selalu tampil sempurna dengan kulit bersih dan wajah cantik yang menarik lawan jenis. Setiap mendapatkan penampilan menarik, tentu ada rangkaian dan tahapan dalam menggunakan peralatan kecantikan seperti kosmetik. Tidak dapat dipungkiri, bahwa setiap perempuan akan selalu memiliki kosmetik, dimana pengeluaran dana bisa sampai jutaan rupiah perbulan demi terpenuhinya kebutuhan akan kosmetik. Wajah menjadi sempurna, putih, bersih, dan mempesona. Tapi siapa yang tahu, ternyata beberapa bahan kosmetik merupakan suatu yang menjijikan seperti di bawah ini :

1. Kotoran Sapi

 

Yup! Kamu tidak salah membacanya. Kotoran sapi yang bau dan dikerumuni lalat, memiliki peran penting dalam pembuatan parfum. Kok parfum? Mungkin kamu langsung terperanjat mendengarnya. Jadi, kotoran sapi ini setelah diuapkan akan menghasilkan bau wangi vanilla yang bisa menjadi ekstrak dalam pengharum produk parfum.

2. Kumbang

Sejumlah Bahan Untuk Kosmetik Paling Menjijikan 1

Jika kamu meneliti daftar bahan dalam kosmetik, pasti tidak dicantumkan bahan kumbang di komposisi. Melainkan kamu akan menemukan bernama ‘Carmine Acid’. Bahan ini digunakan dalam kosmetik yang memiliki warna merah seperti lipstik. Bahan tersebut dibuat dari kumbang, dengan merebusnya dan mengeringkannya, kemudian setelah kering kumbang tersebut ditumbuk halus hingga menjadi tepung.

3. ‘Biji’ dari Berang-berang

Sejumlah Bahan Untuk Kosmetik Paling Menjijikan 2

Berang-berang adalah binatang yang memiliki kelenjar yang terletak di anus dan alat kelaminnya. Organ tersebut dapat menghasilkan ‘casteroum’. Dimana ia akan mengoleskan castoreum di seluruh tubuhnya untuk mencegah kebasahan ketika masuk ke dalam air. Castoreum sendiri digunakan untuk menandari daerah kekuasaan mereka, layaknya kucing yang mengencingi lingkungan kekuasaannya. Bahan kosmetik dari castoreum ini digunakan untuk parfum atau cologne pria.

4. Ari-ari

 

Produk perawatan kulit sering menggunakan ari-ari sebagai salah satu bahannya. Seperti kosmetik berbentuk krim untuk menghilangkan kerutan. Ari-ari mempunyai kandungan protein yang bisa melembabkan kulit dan mengurangi kerutan di kulit. Lebih sering menggunakan ari-ari ternak untuk dijadikan bahan dalam pembuatan kosmetik, namun tidak sedikit yang menggunakan ari-ari manusia dalam penerapannya, karena memang tidak ada larangan untuk menggunakannya. Merek kosmetik seperti Plazan menggunakan ari-ari sebagai bahan utama produk mereka. Jennifer Lopez sendiri menyatakan bahwa ia menggunakan ari-ari untuk kecantikannya.

5. Sisik Ikan

Sejumlah Bahan Untuk Kosmetik Paling Menjijikan 4

Mungkin kamu pernah melihat kosmetik yang mengkilap, maka itu adalah akibat dari sisik ikan yang dimasukan dalam bahan kosmetik tersebut. Sisik ikan sendiri memiliki substansi ‘pearl essence’ yang memiliki zat berkilau berwarna putih. Ikan herring adalah jenis ikan yang sering digunakan sisiknya dalam bahan baku kosmetik.

Nah, mau tetap pakai kosmetik atau mulai jiji menggunakannya? Tenang saja yang penting bahan yang digunakan bukan termasuk ke dalam bahan baku berbahaya, maka sah-sah saja menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s