Perang Paling Konyol yang Pernah Ada

Posted on Updated on

Sejarah mencata bahwa terdapat perang tersingkat sekitar menghabiskan waktu 45 menit saja. perang Zanzibar namanya, dimana Khalid bin Bargash sebagai pemimpin Zanzibar menyerah terhadap Inggris yang memborbardir istananya. Cukup unik memang perang tersebut, mungkin karena ia ingin tidak ada lagi korban yang berjatuhan. Berbagai alasan bisa menyebabkan perang,, mulai dari kedaulata, ideologi, ekonomi, hingga sumber daya menjadi alasan utamanya. Tetapi tahukah kamu bahwa terdapat peperangan yang disebabkan oleh masalah sepele dan terbilang konyol, mau tahu ulasannya? Simak berikut ini :

1. Perang Sepakbola di Amerika Latin Tahun 1969

Perang Paling Konyol yang Pernah Ada

Pada tahun 1869 kedua negara Amerika Latin yaitu Honduras dan El Salvador mengadakan pertandingan sepakbola. Pertandingan pertama dimenangkan oleh Honduras, sedangkan pertandingan kedua berlangsung di EL Salvador dengan diwarnai kerusuhan.

Kedua negara semakin berseteru ketika bertemu di pertandingan play off piala Dunia di Mexico, tepatnya pada tanggan 27 Juni 1969. Honduras kala itu memutuskan hubungan diplomatik dengan El Salvador. Kemudian pada tanggal 14 Juli El Salvador menyerang Honduras. Sungguh konyol, karena permasalahan sepakbola dapat membuat kedua negara berperang. Organisasi negara Amerika Latin pun mengupayakan gencatan senjata, hingga akhirnya permasalahan bisa diurai, dan peperangan berlangsung 100 jam.

2. Perang Tiang Bendera Tahun 1845

Perang Paling Konyol yang Pernah Ada 1

Sejak tahun 1840 silam, para tentara Inggis mendarat di Selandia Baru. Mereka mendirikan sebuah barak untuk tempat mabuk-mabukan. Tentara Inggris menancapkan tiang bendera di dekatnya. Kemudian kepala suku pribumi tidak menyukai hal itu, maka dirusuhkah anak buahnya untuk merobohkan tiang bendera yang didirikan oleh Inggris. Seketika itu Hone Heke kepala suku setempat berhasil merobohkannya dan hal itu berlangsung hingga beberapa kali.

Kemudian kerajaan Inggris pun mengutus agar mencegah perbuatan dari Hone Heke itu, dan akhirnya pasukan Inggris menyerbu rakyat pribumi dan berlangsung perang selama 10 bulan dari tahun 1845 hingga 1956. Meskipun tentara Inggris berhasil membuat pasukan Hone Heke mundur, sekarang tentara Inggris tidak lagi menancapkan bendera di sana.

3. Perang Akibat Mabuk Tahun 1788

Perang Paling Konyol yang Pernah Ada 3

Austria pernah berperang menghadapi Turki pada tahun 1788. Tentara Ausria sendiri terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa dan membuat ada dua kesatuan yaitu infantri dan kavaleri. Suatu malam pasukan kavaleri bertemu dengan rombongan gypsy yang sering menjual minuman keras. Akhirnya mereka pasukan kavaleri memutuskan untuk berhenti sejenak dan meminum minuman keras untuk menghilangkan beban di pikiran. Saat malam tiba, beberapa anggota pasukan infantri datang dan ikut bergabung. Karena pikiran mereka yang tidak lagi jernih, dan terjadi perbedaan bahasa disana membuat terjadi baku tembak akibat kesalahpahaman. Tentara infantri pun bingung saat itu dan mengira bahwa tembakan yang ada berasal dari tentara Turki, padahal adalah pasukan kavaleri yang sedang mabuk. Baku tembak saling terjadi, dimana keduanya tidak mengetahui bahwa perang itu adalah perang saudara. Pada dua hari kemudian pasukan Turki datang dan melihat banyak mayat bergeletakan, sekitar 10.000 mayat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s