Makanan Pengganti Nasi Agar Berat Badanmu Ideal

Posted on Updated on

Pada saat berat badan berlebih tentu yang bisa disalahkan adalah makanan yang dikonsumsi. Salah satunya nasi karena memiliki Indeks Glikemik yang tinggi. Tidak ada alasan untuk masih mengonsumsi nasi kalau berat badan kamu tidak terkontrol. Oh iya soal Indeks Glikemik yang belum mengetahuinya kami berikan penjelasannya.

Indeks Glikemik adalah ukuran kecepatan penyerapan makanan oleh tubuh menjadi gula darah. Pada Nasi Indeks Glikemik atau Glycemic Index (GI) mencapai 88-89. Padahal makanan yang tidak menimbulkan kegemukan itu harus memiliki GI di bawah 70. Melihat dari GI saja sudah bisa kita simpulkan bahwa obesitas, perut bunci, kegemukan, dan berat badan bertambah diakibatkan oleh konsumsi nasi putih.

Mengalami masalah berat badan yang berlebih? Maka pertama jauhi dahulu nasi putih dan gantikan dengan makanan berkarbohidrat lainnya, namun dengan GI lebih rendah. Dipastikan program diet kamu bakalan berhasil dan penurunan berat badan akan didapatkan lebih cepat.

Berikut adalah makanan pengganti nasi untukmu yang menjalani program diet :

1. Pasta

Makanan Pengganti Nasi Agar Berat Badanmu Ideal 4

GI yang dimiliki pasta sangatlah rendah hanya 4.1 saja, dimana tingkat GI-nya tersebut bisa disamakan dengan buah pir. Pasta adalah makanan dengan kandungan lemak rendah, namun tinggi asam folat. Selain itu, kandungan gllukosa dari pasta lebih rendah dari roti. Konsumsi pasta dengan saus tomat buatanmu sendiri.

2. Jagung

Makanan Pengganti Nasi Agar Berat Badanmu Ideal 3

Kandungan dalam jagun adalah vitamin B, kaya akan serat, mineral, pigmennya baik untuk mata dan paru-paru, dan antioksidan. Konsumsi jagung organik agar lebih sehat tentunya, karena terjauh dari kontaminasi pestisida. Cara mengolahnya bisa direbus kemudian diberi susu atau gula, buat sesuai selera.

3. Kentang

Makanan Pengganti Nasi Agar Berat Badanmu Ideal 5

Kentang adalah pilihan terbaik jika ingin menggantikan nasi sebagai makanan utamamu. Kentang bisa membantu pembakaran lemak lebih efektif karena memiliki kandungan pati resisten yang tinggi. Artinya lemak dalam tubuh bisa dibakar dan diubah menjadi energi. Disamping itu, kandungan kentang adalah vitamin C, B, zat besi, kalium, serat, dan kalsium. Hindari pengolahan dengan cara digoreng, lebih baik olah dengan cara direbus.

Sebenarnya makanan pengganti nasi lebih banyak lagi, namun itu adalah pilihan terbaik yang telah kami filter dari begitu banyak makanan yang ada. Nah, sekarang tugasmu adalah membiasakan mengonsumsi makanan di atas. Lebih baik jangan langsung mengganti nasi begitu saja, melainkan harus melakukan adaptasi terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget. Misalnya, pada awalnya mengonsumsi nasi putih 3 kali sehari, maka sekarang kurangi menjadi 2 kali sehari dan satu waktu diganti dengan makanan pengganti nasi di atas. Selanjutnya setelah seminggu, baru kurangi lagi menjadi 1 kali mengonsumsi nasi, dan 2 kali memilih makanan pengganti nasi diatas, lalu teruskan hingga nasi benar-benar tergantikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s